Metamorfosis Lebah : Tahapan Daur Hidup Lebah

Lebah madu atau lebah adalah salah satu hewan yang mengalami metamorfosis sempurna. Apa itu metamorfosis sempurna? Metamorfosis sempurna adalah proses daur hidup yang terjadi pada hewan yang notabene memiliki 4 tahapan.

Lebah mengalami 4 tahapan daur hidup sebelum menjadi lebah dewasa. Dari 4 tahapan yang dialami lebah untuk menjadi seekor lebah dewasa membuat lebah dikategorikan kedalam kelompok hewan yang mengalami proses metamorfosis sempurna.

Berikut adalah tahapan metamorfosis lebah yang perlu anda ketahui.

Tahapan Metamorfosis Lebah

Metamorfosis adalah perubahan dalam bentuk tubuh serta kebiasaan selama fase siklus perkembangan hewan. Metamorfosis ada 2 jenis, Metamorfosis sempurna dan tidak sempurna. Dan lebah merupakan salah satu hewan yang mengalami metamorfosis sempurna.

Tahapan metamorfosis lebah meliputi tahap telur, larva, pupa, dan dewasa. Waktu yang dibutuhkan lebah dalam proses ini biasanya berbeda beda tergantung dari kasta lebah itu sendiri karena dalam kerajaan lebah memiliki 3 kasta, yaitu kasta lebah pekerja, kasta lebah prajurit, dan kasta lebah ratu.

Pada kasta lebah pekerja sendiri membutuhkan waktu setidaknya sekitar 21 hari untuk menjadi lebah dewasa. Pada kasta lebah prajurit sendiri membutuhkan waktu 24 hari dalam proses metamorfosisnya. Lalu untuk kasta lebah ratu sendiri hanya membutuhkan waktu 16 hari saja.

Fase Telur

Telur Lebah

Fase telur merupakan fase pertama dalam daur hidup lebah. Dalam fase ini sang ratu lebah lah yang bertugas dalam memproduksi telur. Ratu lebah bertelur dan menempatkannya dalam sarang khusus untuk telur lebah yang sudah dipersiapkan lebah pekerja.

Ratu lebah memproduksi telur dalam 3 jenis yaitu telur lebah pekerja, telur lebah prajurit, dan telur lebah ratu. Telur lebah juga mempunyai sel sarang masing – masing berdasarkan kasta nya. Pada umumnya, telur lebah pekerja cenderung memiliki sel sarang lebih besar dibanding telur lainnya.

Dalam fase ini telur lebah hanya membutuhkan waktu 3 hari untuk menetas dan berubah menjadi larva.

Fase Larva

Setelah telur lebah menetas, larva adalah bentuk kedua dalam proses daur hidup lebah. Proses menjadi larva ini biasanya terjadi setelah 3 hari mulai dari sang ratu bertelur. Larva lebah ini mempunyai bentuk seperti belatung dan berwarna putih.

Dalam fase ini, larva lebah cenderung menjadi lebih rakus. Larva lebah dapat makan setidaknya 1.300 kali dalam 1 hari. Madu dan serbuk yang dihasilkan oleh lebah pekerja merupakan makanan bagi larva lebah.

Dengan makanan sebanyak itu, larva lebah tumbuh sangat cepat dan ukurannya pun bertambah besar hingga 1.570 kali lebih besardari ukuran sebelumnya. Dan dalam fase larva, lebah hanya membutuhkan setidaknya 5 hari saja untuk berubah menjadi pupa.

Lalu pada fase instar terakhir, lebah pekerja akan menutup rumahnya dengan lilin lebah sebagai segel dan awal larva memasuki fase pupa.

Fase Pupa

metamorfosis lebah

Dalam metamorfosis lebah, fase pupa adalah tahapan ketiga dalam proses daur hidupnya. Masa pupa ini memakan waktu selama 12 hari.

Selama waktu tersebut, larva lebah mengalami penyempurnaan organ organ baru dan banyak perubahan. Dalam fase pupa ini mata, kaki, dan sayap lebah mulai terbentuk. Yang awalnya berwarna merah muda berubah menjadi warna ungu kemudian berubah lagi menjadi warna hitam.

Lalu pada akhir fase pupa ini, tubuh lebah muda mulai tumbuh bulu bulu halus. Kemudian lebah muda akan memakan lilin lebah yang tadinya berfungsi sebagai segel kepompong nya. Lalu setelah lilin lebah habis termakan oleh lebah muda, lebah akan keluar dari kepompong nya dan melanjutkan metamorfosis nya sebagai lebah dewasa.

Fase Imago ( Lebah Dewasa )

Fase Imago ini adalah fase terakhir setelah fase pupa. Proses daur hidup lebah yang terakhir adalah fase imago. Dalam fase ini, ketika lebah keluar dari sarangnya, lebah bisa menjadi lebah pekerja, lebah prajurit, dan bisa juga menjadi lebah ratu.

Lalu pada setiap kasta lebah memiliki tugas yang berbeda beda. Lebah pekerja bertugas sebagai pembuat sarang dan mencari makan. Lebah prajurit mempunyai tugas sebagai penjaga sarang dari serangan musuh. Lalu tugas lebah ratu sendiri adalah sebagai indukan lebah atau melakukan reproduksi lebah.

Lebah ratu inilah yang menjadi modal para lebah untuk melanjutkan keturunannya. Maka dari itu lebah pekerja akan berusaha sekuat tenaga dalam melakukan tugasnya agar keturunannya tetap berlanjut.

Proses daur hidup lebah
Proses daur hidup lebah

_______________
Sumber :
majelisazzikra

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: