√ 33+ Pengertian Hukum Menurut Para Ahli adalah

Pengertian hukum menurut para ahli – Menyinggung tentang hukum, Masyarakat awam tidak terlalu memikirkan tentang pengertian hukum. Dalam masyarakat, penegakan hukum dan perlindungannya yang diberikan kepada masyarakat adalah hal yang paling utama.

Namun ketika kita membicarakan tentang hukum kita harus tahu tentang pengertian nya terlebih dahulu. Akan tetapi yang menjadi kendala adalah belum adanya satu pemahaman yang sama mengenai pengertian hukum.

Ketiadaan satu pemahaman yang sama itu mengharuskan kita untuk mengetahui pengertian hukum menurut para ahli agar kita tahu apa yang dimaksudkan dengan hukum.

Pengertian Hukum menurut beberapa Ahli

pengertian hukum menurut para ahli
sumber : unsplash.com

Beberapa Ahli dalam bidang hukum mempunyai kesimpulan berbeda-beda terkait masalah hukum. Maka, jika kita ingin memahami hukum lebih mendalam kita harus mengetahui beberapa pendapat para ahli tentang pengertian hukum. berikut adalah pengertian hukum menurut para ahli:

1. Menurut Hans Kelsen

Hukum ialah ketentuan sosial yang mengelola perilaku mutual antar manusia tentang serangkaian peraturan yang mengelola perilaku tertentu manusia (norma).

2. Menurut Grotius

Hukum adalah perbuatan menyangkut moral yang menjamin sebuah keadilan.

3. Menurut Hugo de Grotius

Hukum merupakan peraturan mengenai tindakan moral yang menjamin keadilan pada peraturan hukum tentang kemerdekaan “law is rule of moral astion obligation to that which is right

4. Menurut Achmad Ali

Hukum yaitu seperangkat norma tentang apa yang benar dan salah, yang dibuat dan diakui eksistensi nya oleh pemerintah, baik yang tertulis maupun yang tidak.

Hukum juga terikat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat secara menyeluruh, serta dengan ancaman sanksi bagi pelanggar aturan norma itu.

5. Menurut Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja

Hukum adalah keseluruhan kaidah dan semua asas yang mengatur pergaulan hidup dalam masyarakat dengan tujuan untuk memelihara ketertiban yang meliputi berbagai lembaga dan proses guna mewujudkan berlakunya kaidah sebagai suatu kenyataan dalam masyarakat.

6. Menurut Mr. E.M. Meyers

Hukum merupakan aturan yang didalamnya mengandung pertimbangan kesusilaan. Hukum ditujukan kepada tingkah laku manusia dalam lingkup masyarakat dan menjadi acuan atau pedoman bagi para penguasa negara dalam melakukan tugasnya.

7. Menurut Prof. Dr. Van Kan

Hukum merupakan keseluruhan peraturan hidup yang sifatnya memaksa untuk melindungi kepentingan manusia dalam masyarakat pada suatu negara.

8. Menurut S.M. Amin

Hukum merupakan sekumpulan peraturan yang terdiri dari norma dan sanksi-sanksi. Tujuannya adalah mengadakan ketertiban dalam pergaulan manusia dalam suatu masyarakat, sehingga ketertiban daserta keamanan terjaga dan terpelihara.

9. Menurut J.C.T. Simorangkir

Hukum yaitu segala peraturan yang bersifat memaksa serta menentukan segala tingkah laku manusia dalam masyarakat dan dibuat oleh suatu lembaga yang berwenang.

10. Menurut Drs. E. Utrecht, S.H.

Hukum merupakan himpunan peraturan yang didalamnya berisi tentang perintah serta larangan, yang mengatur tata tertib kehidupan dalam bermasyarakat dan harus ditaati oleh setiap individu dalam masyarakat karena pelanggaran terhadap pedoman hidup itu dapat memicu tindakan dari pihak pemerintah suatu negara atau lembaga.

11. Menurut Leon Duguit

Leon Duguit mengungkapkan bahwa hukum ialah seperangkat aturan tingkah laku para anggota masyarakat, dimana aturan tersebut harus diindahkan oleh setiap masyarakat sebagai jaminan dari kepentingan bersama dan apabila dilanggar akan menimbulkan reaksi bersama terhadap orang yang melanggar hukum tersebut.

12. Menurut Sunaryati Hatono

Sunaryati Hatono menyatakan bahwa hukum tidak menyangkut kehidupan pribadi seseorang dalam suatu masyarakat, tetapi jika menyangkut dan mengatur berbagai kegiatan manusia dalam hubungannya dengan manusia lainnya. dengan kata lain hukum mengatur berbagai kegiatan manusia dalam kehidupan bermasyarakat.

13. Menurut Ridwan Halim

Hukum ialah segala peraturan tertulis maupun tidak tertulis, yang pada intinya segala peraturan tersebut berlaku dan diakui sebagai peraturan yang harus dipatuhi serta ditaati dalam hidup bermasyarakat.

14. Menurut Soerso

Hukum adalah sebuah himpunan peraturan yang dibuat oleh pihak yang berwenang dengan tujuan untuk mengatur tata tertib kehidupan bermasyarakat yang memiliki ciri perintah dan larangan yang sifatnya memaksa dengan menjatuhkan sanksi-sanksi hukuman bagi pelakunya.

Itulah beberapa pengertian hukum dari para ahli. Mungkin masih banyak lagi pengertian dari pakar hukum lainnya, akan tetapi jika diteruskan akan sangat panjang sekali. Jadi mungkin hanya itu yang say cantumkan.

15. Menurut Bellfoid

Hukum adalah aturan yang berlaku dalam lingkup masyarakat yang mengatur tata tertib masyarakat itu atas dasar kekuasaan yang ada pada masyarakat.

16. Menurut Van Apeldoorn

Hukum merupakan peraturan penghubung antar hidup manusia, hukum gejala sosial, tidak ada masyarakat yang tidak mengenal hukum, sehingga hukum menjadi suatu aspek kebudayaan yaitu agama, adat, kesusilaan dan kebiasaan.

17. Menurut Immanuel Kant

Hukum merupakan semua syarat dimana seseorang memiliki kehendak bebas, sehingga dapat menyesuaikan diri terhadap kehendak bebas orang lain serta menaati peraturan hukum mengenai kemerdekaan.

18. Menurut Borst

Hukum merupakan semua peraturan bagi perbuatan manusia dalam kehidupan bermasyarakat, dimana saat pelaksanaan dapat dipaksakan yang bertujuan agar mendapat keadilan.

19. Menurut Austin

Hukum merupakan peraturan yang diciptakan guna memberi bimbingan kepada makhluk yang berakal oleh makhluk berakal yang berkuasa atasnya.

20. Menurut Mr. E.M. Meyers

Hukum Merupakan peraturan yang didalamnya mengandung pertimbangan kesusilaan. Hukum difokuskan kepada tingkah laku manusia dalam sebuah masyarakat dan menjadi acuan atau pedoman bagi para penguasa negara dalam melakukan tugasnya.

21. Menurut Abdul kadir Muhammad

Hukum merupakan semua peraturan baik itu tertulis atau tidak tertulis dan mempunyai sanksi tegas terhadap para pelanggar hukum.

22. Menurut Abdul Whab Khalaf

Hukum merupakan tuntutan Allah yang berkaitan dengan perbuatan orang yang sudah dewasa menyangkut perintah, larangan dan boleh tidaknya untyuk melaksanakan atau meninggalkan sesuatu.

23. Menurut Aristoteles

Hukum merupakan kumpulan beraturan yang tidak hanya mengikat tapi juga hakim untuk masyarakat, dimana undang-undang akan mengawasi hakim dalam menjalankan tugasnya untuk menghukum para pelanggar hukum.

24. Menurut Drs. E. Utrecht, S.H

Hukum merupakan suatu himpunan peraturan yang berisi perintah dan larangan yang mengatur tata tertib kehidupan di masyarakat dan harus dipatuhi oleh setiap individu dalam masyarakat karena pelanggaran akan pedoman hidup dapat mendatangkan tindakan dari lembaga pemerintah.

25. Menurut Leon Duguit

Hukum merupakan seperangkat aturan tingkah laku anggota masyarakat dimana aturan tersebut harus ditaati oleh masyarakat sebagai jaminan dari kepentingan bersama. Apabila dilanggar maka akan mendatangkan reaksi bersama terhadap pelanggar hukum.

26. Menurut Sunaryati Hatono

Hukum merupakan tidak menyangkut kehidupan pribadi seseorang dalam masyarakat, tetapi menyangkut dan mengatur berbagai aktivitas manusia dalam hubungannnya dengan manusia lain.

27. Menurut Ridwan Halim

Hukum merupakan semua peraturan tertulis maupun tidak tertulis yang intinya peraturan itu berlaku dan diakui sebagai peraturan yang harus ditaati dan dipatuhi dalam kehidupan di masyarakat.

28. Menurut Soerso

Hukum merupakan himpunan peraturan yang diciptakan oleh pihak berwenang dengan tujuan untuk mengatur tata tertib kehidupan bermasyarakt yang mempunyai ciri perintah dan larangan bersifat memaksa dengan memberikan sanksi bagi pelanggar hukum.

29. Menurut Tullius Cicerco

Hukum merupakan akal tertinggi yang ditanamkan oleh alam kepada diri setiap manusia untuk memutuskan segala sesuatu yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan.

30. Menurut M.H Tirtaatmidja

Hukum merupakan norma yang harus ditaati dalam tingkah laku dalam pergaulan hidup dengan ancaman harus mengganti kerugian jika melanggar aturan tersebut karena membahayakan diri sendiri atau harta.

31. Menurut R. Soeroso

Hukum merupakan kumpulan peraturan yang diciptakan oleh pihak berwenang untuk mengatur tata kehidupan bermasyarakat dan memiliki ciri memerintah, melarang atau memaksa dengan memberikan sanksi hukum bagi pelanggarnya.

32. Menurut Wasis Sp

Hukum merupakan seperangkat peraturan tertulis atau tidak tertulis yang dibuat oleh pihak berwenang, bersifat memaksa, mengatur dan mengandung sanksi bagi pelanggarnya. Ditujukan pada perilaku manusia agar kehidupan setiap orang dan masyarakat terjamin ketertiban dan keamanannya.

33. Menurut J.T.C Sumorangkit, S.H. dan Woerjo Sastropranoto, S.H.

Hukum merupakan peraturan yang mempunyai sifat memaksa yang menetapkan tingkah laku manusia di masyarakat yang dibuat oleh badan resmi berwajib, pelanggaran atas peraturan tersebut akan diambil tindakan dengan dikenai hukuman.

Baca juga :

Macam macam HAM

Pengertian Hukum

Itulah beberapa pengertian hukum menurut para ahli. semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat.

Sumber referensi :
Maxmanroe
wikipedia
dosen pendidikan

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: